KB Gembira Loka

Yogyakarta, Seruu.com - Kebun Binatang Gembira Loka masih menjadi magnet untuk menarik minat wisatawan domestik selama libur panjang akhir pekan, karena dalam tiga hari terakhir, ribuan pengunjung memadati lokasi wisata itu setiap harinya. "Peningkatan pengunjung dalam tiga hari terakhir cukup signifikan bila dibanding hari-hari biasanya," kata Manajer Marketing Kebun Raya Kebun Binatang Gembira Loka Josep Kurniawan di Yogyakarta, Minggu (25/3/2012).

Ia mencontohkan, setiap Jumat, pengunjung di satu-satunya kebun binatang di DIY tersebut termasuk sedikit, rata-rata sekitar 600 orang, namun saat libur perayaan Nyepi, jumlah pengunjung bisa mencapai sekitar 4.500 orang.

Begitu pula saat Sabtu. Para hari tersebut, rata-rata pengunjung adalah sekitar 1.000 orang, namun pada akhir pekan ini bisa mencapai sebanyak 5.000 pengunjung.

"Kami pun berharap, pada hari terakhir libur panjang ini, jumlah pengunjung bisa mencapai lebih dari 10.000 orang," katanya. Rata-rata jumlah pengunjung pada Minggu adalah 7.000 orang.

Ia pun menambahkan, cuaca yang cukup bersahabat selama tiga hari terakhir juga menjadi salah satu faktor peningkatan jumlah pengunjung saat libur panjang akhir pekan.

"Puncak kepadatan pengunjung di Gembira Loka biasanya terjadi mulai pukul 12.00 WIB hingga 14.00 WIB, dan pada pukul 17.00 WIB, pengunjung sudah mulai berangsur-angsur sepi," katanya yang menjelaskan kebun binatang itu beroperasi mulai pukul 07.30 WIB hingga 17.30 WIB.

Ia menyebutkan, peningkatan jumlah pengunjung tersebut disebabkan karena kebun binatang tersebut terus melakukan perubahan-perubahan sehingga pengunjung akan bisa menikmati atraksi baru setiap berkunjung. [ndis]

KOMENTAR SERUU