Gunung Bromo

Pasuruan, Seruu.Com - Jalur wisata menuju ke laut pasir Gunung Bromo lewat Wonokitri, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur, yang sempat tertutup tanah longsor selama dua hari lalu, sudah bisa dilewati kendaraan pada Minggu (18/3) pagi.

"Untuk melewati kawasan jalan yang longsor, baik kendaraan roda dua maupun roda empat harus berjalan bergantian satu per satu," kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, yang memimpin langsung pembersihan tanah longsor di kawasan tersebut.

Menurut dia, para petugas yang menggunakan alat berat masih terus menyingkirkan tanah longsor yang menutupi jalan menuju laut pasir Gunung Bromo.

Sebelumnya, jalan di kawasan Pakisbincil, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, longsor sehingga jalur jalan menuju laut pasir Gunung Bromo lewat Pasuruan tidak bisa dilewati.

Jalan yang tertutup longsor sejak Jumat sore tidak bisa dilewati berbagai jenis kendaraan, sehingga memutus jalur antara Penanjakan - lautan pasir Gunung Bromo.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena lokasinya jauh dari permukiman penduduk," kata Yudha.

Lokasi longsor berada di jalan tikungan yang berbentuk S di kawasan Pakisbincil, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari. Jalan tersebut merupakan jalan satu-satunya yang menghubungkan antara Penanjakan ke laut Pasir Gunung Bromo.

Untuk menyingkirkan tanah longsoran yang volumenya cukup besar, BPBD Kabupaten Pasuruan mengirimkan alat berat untuk menyingkirkan tanah longsor tersebut.

"Penggunaan alat berat, selain lokasinya yang jauh dari permukiman penduduk, juga karena volume tanah longsoran cukup besar," katanya. [mi]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU