Denpasar, Seruu.Com - Sedikitnya 529 ogoh-ogoh siap tampil pada pawai malam Pengerepukan di Kabupaten Karangasem, Bali, 22 Maret 2012.

"Jumlah sementara masih 529 ogoh-ogoh. Kemungkinan jumlah itu masih terus bertambah hingga menjelang pawai," kata Kepala Sub-Bagian Humas Polres Karangasem AKP Made Wartama usai mengikuti rapat koordinasi Hari Raya Nyepi di Amlapura, Selasa (13/3).

Untuk menjaga situasi tetap kondusif saat pawai ogoh-ogoh dan Nyepi, jelas dia, penjagaan dilakukan dengan mengerahkan personel dari berbagai instansi.

Polres Karangasem menerjunkan 108 personelnya ditambah kekuatan 393 personel dari polsek-polsek. Pengamanan juga dilakukan oleh TNI dengan mengerahkan 118 personel, petugas keamanan desa adat (pecalang) 1.829 orang, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Karangasem 20 orang.

"Bagi kami, bukan jumlah kekuatan aparat, melainkan yang terpenting masyarakat harus ikut menjaga ketertiban saat pawai berlangsung dan saat Nyepi. Aparat hanya membantu saja," katanya.

Rapat koordinasi di Mapolres Karangasem tersebut juga dihadiri Komandan Kodim Karangasem Letkol (Inf) Aji Jaya.

Turut pula perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karangasem, tokoh-tokoh lintas agama, dan sejumlah pengurus desa adat.

Peserta rapat koordinasi bersepakat menjaga ketertiban ritual dan prosesi Hari Raya Nyepi pada 23 Maret 2012 yang bertepatan dengan Hari Jumat. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU