Yogyakarta, Seruu.Com - Kota Yogyakarta bisa diarahkan menjadi tujuan wisata heritage, karena memiliki potensi bangunan cagar budaya yang cukup banyak, kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih.

"Memang jika berwisata rasanya belum puas kalau belum mengunjungi beberapa bangunan heritage yang banyak terdapat di kota ini," kata Widi di Yogyakarta, Jumat (9/3).

Menurut dia, kawasan bangunan cagar budaya di antaranya Kotabaru, Kotagede, dan sekitar Gondomanan di pusat kota ini di antaranya bangunan lama gedung Bank Indonesia, gedung kantor Pos dan gedung Bank BNI.

"Bangunan yang memiliki corak arsitektur Belanda tersebut bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta," kata Widi yang yayasannya bergerak di bidang studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Ia mengatakan bangunan peninggalan kolonial Belanda tersebut memang bisa menjadi destinasi wisata baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

"Potensi bangunan cagar budaya di Yogyakarta tidak hanya bangunan tempo dulu, di beberapa tempat di kawasan kota lama Kotagede maupun kawasan Kotabaru masih bisa disaksikan beberapa sisa bangunan berusia ratusan tahun," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki kepentingan untuk melindungi beberapa bangunan cagar budaya tersebut, sekaligus sebagai tujuan wisata "heritage".

"Jika bangunan cagar budaya bisa dilestarikan dengan baik, maka diyakini Kota Yogyakarta bisa menjadi tujuan wisata heritage yang diandalkan," katanya

KOMENTAR SERUU