Pulau Enggano

Bengkulu, seruu.com - Pemerintah Provinsi Bengkulu tidak akan menaikkan tarif angkutan laut KM Pulo Tello yang melayari Kota Bengkulu-Pulau Enggano, meski pemerintah akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada April 2012.

"Tarif angkutan laut ke Enggano melalui kapal motor Pulo Tello tidak akan dinaikkan karena itu sudah ada subsidi dari pemerintah," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Ali Berti di Bengkulu, Jumat (09/3/2012).

Ia mengatakan keputusan tidak menaikkan tarif tersebut juga karena belum lama ini pemerintah daerah sudah menaikkan tarif kapal tujuan Pulau Enggano, sesuai usulan instansi Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP).

Kenaikan tersebut baru diputuskan awal tahun 2012, dengan alasan sudah 10 tahun tidak ada kenaikan tarif transportasi laut ke pulau terluar itu. "Akhirnya dengan pertimbangan itu, pemerintah daerah menyetujui kenaikan tarif hingga 10 persen," katanya.

Saat ini kata dia tarif penumpang dari Kota Bengkulu menuju Pulau Enggano dan sebaliknya Rp50.000 per orang, kendaraan roda dua Rp80.000 per unit, roda empat Rp850.000 dan roda enam Rp1,2 juta. [ndis]

KOMENTAR SERUU