Pinguin (Istimewa)
"Koleksi pinguin tersebut akan menjadi bagian dari Taman Burung yang akan dikembangkan di Gembira Loka karena sebelumnya kami juga sudah memiliki Taman Reptil,"

Yogyakarta Seruu.com - Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta akan memiliki koleksi satwa baru yaitu enam ekor pinguin dari spesies "Jackass" yaitu penguin subtropis yang memiliki habitat asli di Afrika Selatan.

"Koleksi pinguin tersebut akan menjadi bagian dari Taman Burung yang akan dikembangkan di Gembira Loka karena sebelumnya kami juga sudah memiliki Taman Reptil," kata Direktur Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Joko Tirtono di Yogyakarta, Jumat (9/3/2012).

Menurut dia, enam ekor pinguin tersebut akan didatangkan dari Singapore Zoo paling lambat pada akhir tahun.

Ia mengatakan, pinguin tersebut berasal dari daerah subtropis sehingga akan dapat beradaptasi dengan lingkungan di Gembiraloka.

"Tetapi kami juga menyiapkan sarana dan prasaranya, termasuk untuk mengatur agar suhu ruangan atau kandangnya sama seperti habitat aslinya, yaitu 20 hingga 25 derajat celcius," katanya.

Desain kandang untuk pinguin tersebut, lanjut Joko, juga dikonsultasikan dengan pihak Singapore Zoo. Diharapkan, dalam waktu satu bulan ke depan, proses pembangunan kandang tersebut sudah bisa direalisasikan.

Saat ini, total koleksi satwa yang dimiliki Gembira Loka adalah 1.400 ekor, namun paling banyak berasal dari jenis ikan, untuk mamalia masih kurang.[ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU