Pemandangan Danau Toba di Lihat dari Tele

Medan, Seruu.Com - Sektor pariwisata Sumatera utara masih membutuhkan dukungan sarana infrastruktur jalan darat guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Sebagian besar infrastruktur jalan raya menuju kawasan wisata di Sumatera Utara masih perlu dibenahi," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumut Chaidir Ritonga di Medan, Senin (5/3/2012).

Fakta menunjukkan, hingga kini banyak jalan raya menuju sejumlah kawasan wisata di Sumut rusak, minim perawatan, dan kerap terjadi kemacetan karena ruas jalan kurang lebar.

Kondisi infrastruktur jalan raya yang belum optimal tersebut menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan bisnis, jasa pariwisata, serta arus wisatawan domestik dan macanegara yang melancong ke daerah itu belum maksimal.

Untuk mengunjungi Danau Toba di Kabupaten Simalungun, wisatawan dari arah Kota Medan kini membutuhkan waktu minimal empat jam untuk menjangkau kawasan wisata itu.

Bila kondisi infrastrukur jalan raya menuju kawasan wisata yang berjarak sekitar 165 kilometer dari Ibu kota Provinsi Sumut itu dibenahi atau dibangun tol, dipastikan waktu perjalanan darat yang dibutuhkan lebih singkat dan suasana perjalanan relatif nyaman.

Untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan raya, masih sangat sulit bisa direalisasikan jika hanya mengandalkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) semata.

Dana APBD Sumut yang saat ini sekitar Rp7 triliun masih belum memadai untuk menopang proyek perbaikan jalan ataupun pembangunan tol baru.

"Mutlak dibutuhkan dukungan dana dari pemerintah pusat untuk memaksimalkan kinerja pembangunan infrastruktur di Sumut," ujarnya.

Chaidir menilai sektor pariwasata Sumut dengan sejumlah keindahan alam, kekayaan peninggalan benda bersejarah dan budayanya memiliki potensi besar meningkatkan pendapatan asli daerah dan devisa.

"Namun, potensi pariwisata yang dimiliki daerah ini (Sumut) belum mampu secara optimal memberi kontribusi ekonomi bagi pembangunan daerah dan devisa," katanya.

Tahun 2012 Sumut menargetkan kunjungan wisman sebanyak 250.000 orang atau meningkat sekitar 12 persen dari realisasi pada tahun lalu.  [ant]

KOMENTAR SERUU