Denpasar, Seruu.Com - Pariwisata Bali tidak akan berkembang secara internasional seperti sekarang, jika tidak didukung oleh seni budaya dan sumber daya manusia yang andal.

"Seni budaya yang diwarisi masyarakat kita secara turun temurun menjadi hal yang sangat penting dalam memajukan sektor pariwisata dan daerah ini menjadi andalan secara nasional," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prof Dr I Gede Pitana di Denpasar, Sabtu (3/3).

Saat menjadi pembicara pada sarasehan bertema pariwisata, pertanian dan kemiskinan memperingati Hari Pers Nasional dan HUT ke-66 PWI tingkat Provinsi Bali, diakui bahwa potensi sawah, misalnya, juga banyak terdapat di daerah lain.

"Tapi bagi Bali keberadaan sawah mempunyai arti tersendiri, karena selain sebagai sumber kehidupan petani, sekaligus budaya dan keindahan panorama alamnya menarik bagi wisatawan," ujar Pitana yang juga menjabat Dirjen Sejarah dan Purbakala.

Karena itu, ia mengingatkan agar semua warga dan berbagai pihak bersama-sama melestarikan dan mengembangkan seni budaya Bali, sekaligus memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat setempat.

Sarasehan itu juga menampilkan pembicara lain, yakni Ketua Grup Riset Sistem Subak Universitas Udayana Prof Dr I Wayan Windia dan Nyoman Dayuh Rimbawan dari Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. [ant]

KOMENTAR SERUU