ementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan PT Garuda Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai promosi pariwisata hari Selasa (21/2/2012) (Budpar.go.id)

Jakarta, Seruu.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan PT Garuda Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai promosi pariwisata hari Selasa (21/2/2012) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta. MoU ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal, Bapak Wardiyatmo, atas nama Kemenparekraf dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Ermirsyah Satar, dengan disaksikan oleh Menparekraf Mari Elka Pangestu dan Wamenparekraf Sapta Nirwandar.

Garis besar nota kesepahaman ini adalah dalam rangka membangun sinergi antara Kemenparekraf dengan pihak PT Garuda Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan perjalanan wisatawan domestik, serta meningkatkan citra “Wonderful Indonesia” di mata internasional.

“Penandatanganan MoU hari ini memiliki tiga makna penting bagi kerjasama yang akan dijalin, yakni kolaborasi, konektivitas, serta kerjasama kedua pihak untuk meningkatkan nation branding,” jelas Mari seusai penandatangan MoU.

Kolaborasi yang dimaksud meliputi promosi bersama, promosi pariwisata, event pariwisata, serta penjualan paket wisata. Sementara konektivitas meliputi pembangunan aksesibilitas bagi wisatawan untuk menjangkau tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Terkait nation branding, capaian yang diharapkan dari kerjasama ini adalah berbagai keberhasilan yang bisa diraih kedua pihak baik untuk promosi pariwisata maupun penerbangan.

“Kami akan terus mengadakan program yang berkenaan dengan promosi pariwisata untuk mewujudkan target 10 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia dalam jangka waktu tiga tahun mendatang,” pungkas Mari.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami, karena kami berkesempatan mendukung pariwisatawa Indonesia secara langsung,” kata Direktur PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

Ia mengakatan bahwa pihaknya telah mendukung Indonesia dalam berbagai ajang internasional, khususnya event pariwisata, seperti  Travel Fair, World Horticultural Expo di Floraide, serta acara Fun Bike yang baru-batu ini diselenggarakan di Kuala Lumpur. Selain itu, PT. Garuda Indonesia menargetkan akan memiliki 154 armada pesawat di tahun 2015.

“Hingga saat ini kami memiliki 89 armada dan akan ditambah 3 armada pada hari Jumat mendatang,” lanjut Emir.

Melalui moment kerjasama ini, Emirsyah menyatakan kesiapan dan rencana PT Garuda Indonesia untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Salah satu dari rencana tersebut adalah penyediaan gambar dan benda-benda khas pariwisata Indonesia di dalam armadanya. Terkait rencana ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai perizinan pengadaan barang – barang pariwisata tersebut. [Pusat Komunikasi Publik/budpar]

 

KOMENTAR SERUU