Bondowoso, Seruu.Com - Dinas Pariwisata Kabupaten Bondowoso, Jatim, mencatat, penurunan status Gunung Ijen dari Siaga menjadi Waspada belum berdampak pada kunjungan wisatawan asing ke daerah itu.

"Sampai sekarang, meskipun status Gunung Ijen sudah turun, tapi belum berpengaruh bagi wisatawan karena memang belum musimnya turis asing datang ke sini," kata Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Perhubungan Kabupaten Bondowoso Satriyo Subekti kepada Wartawan, Kamis (16/2).

Status Gunung Ijen (2.386 mdpl) yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dengan Banyuwangi, sejak 8 Februari 2012 pukul 13.00 WIB, turun dari Siaga (Level III) menjadi Waspada (Level II).

Kepala Bidang Evaluasi Potensi Bencana Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Agus Budianto mengatakan aktivitas kegempaan dan temperatur kawah Ijen menurun.

Satriyo Subekti yang akrab dipanggil Yoyok mengemukakan bahwa pada Oktober hingga Maret tergolong masa-masa kunjungan wisatawan mancanegara sedikit, sedangkan kunjungan yang tinggi antara April hingga Agustus.

"Karena itu kami berharap kondisi Gunung Ijen akan terus menurun dan pada April sudah normal kembali, sehingga tidak mengganggu kunjungan wisatawan mancanegara," katanya.

Lelaki yang juga dikenal sebagai pelawak ini mengemukakan, dari data di penginapan milik PTN di Kecamatan Sempol, yakni "Arabika Home Stay" di Kalisat dan "Catimore" di Blawan, dalam setahun sekitar 13.000 wisatawan asing yang menginap.

"Kalau mereka menginap di Sempol, maka dipastikan 13.000 wisatawan asing itu bertujuan untuk mengunjungi Kawah Ijen. Jumlah itu belum termasuk yang tidak menginap atau naik dari arah Kabupaten Banyuwangi," katanya.

Kawah Ijen banyak dikunjungi wisatawan mancanegara karena memiliki panorama alam yang indah. Selain itu para wisatawan petualangan juga dapat menyaksikan aktivitas puluhan lelaki yang menambang belerang di kawasan itu.

Wisatawan mancanegara yang selama ini banyak mengunjungi Ijen utamanya dari Prancis, serta sebagian kecil dari negara Aurtralia dan lainnya. Selain asing, Ijen juga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, baik melewati Bondowoso maupun Banyuwangi. [ant]

KOMENTAR SERUU