Biak, Seruu.Com - Kondisi alam pantai di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua sangat layak untuk permainan ruang terbuka (outbound).

Instruktur permainan outbond Biak Marthen Wompere di Biak, Senin (13/2) mengakui, potensi wilayah pantai Biak yang dipenuhi pohon yang tinggi dan rindang sangat cocok diolah menjadi tempat permainan outbound.

"Permainan outbound dapat menjadi daya tarik objek wisata jika dikelola dan dikembangkan," katanya.

Dia mengatakan, selain dijadikan olahraga ruang terbuka, permainan itu juga dapat menjadi terapi atau obat bagi penyakit jantung.

Dari beberapa pengalaman selama ini, lanjut Marthen, para pengidap penyakit jantung bisa terobati dengan mengikuti permainan outbound secara kontinyu dan terjadwal.

"Pertama kali permainan outbound terasa menakutkan karena belum dicoba, tapi jika seseorang memberanikan bermain itu terasa enak dan mengasikkan," ujar instruktur outbound nasional asal Biak.

Beberapa jenis permainan outbound di antaranya panjat tebing, meluncur (flying fox), jump tanam, refling tambang, gaya laba-laba, menjangkau pita dan jenis lainnya.

Bahkan lewat permainan outbound, lanjut Marthen, dapat mendatangkan uang bagi daerah dari penyediaan sarana prasarana permainan ini.

"Saya optimistis ke depan permainan outbound dapat mendatangkan retribusi bagi daerah jika dikelola secara profesional karena paket-paket permainan dihargai dengan uang," kata instruktur outbound alumni Lemdik Kopassus Batujajar.

Melalui Dinas Pariwisata Biak, kata dia, diharapkan permainan outbound dapat dikelola sebagai kegiatan ekonomi kreatif bagi warga sekitar pantai maupun pengelola.

Saat ini peralatan permainan outbound di Kabupaten Biak Numfor hanya dimiliki Kwarcab Pramuka Cabang Biak yang biasa dipakai latihan anggota kepanduan setempat. [ant]

KOMENTAR SERUU