Mojokerto, Seruu.com -  Wanawisata alam yang ada di Pacet, Mojokerto, masing-masing pemandian air panas Padusan dan pemandian Ubalan dibuka setelah sebelumnya sempat ditutup akibat terjadinya banjir yang melanda kawasan Pacet.

Kepala Kepolisian Sektor Pacet Ajun Komisaris Polisi Bambang Sujatmiko, Sabtu, mengatakan, wisata alam tersebut dibuka dan dinyatakan aman untuk pengunjung setelah sebelumnya dilakukan survei oleh beberapa pihak terkait kondisi terbaru wisata alam tersebut.

"Namun, demikian wisata tersebut bisa sewaktu-waktu dapat ditutup kembali untuk sementara waktu jika memang kondisi di lapangan berubah, seperti adanya hujan turun yang cukup lama dengan intensitas yang cukup tinggi," katanya.

Ia mengemukakan, pembukaan wisata alam ini juga sudah dibuatkan berita acara yang ditanda tangani oleh sejumlah intansi terkait termasuk dari kepolisian, muspida Kabupaten Mojokerto dan juga instansi lainnya.

"Pembukaan wisata alam ini bisa dilakukan dengan beberapa catatan di antaranya, harus ada petugas yang berjaga di lokasi longsoran, tepatnya yang ada di jalan menuju lokasi wisata Air Panas Padusan Pacet," katanya.

Ia mengatakan, pada lokasi longsoran tersebut juga dipasang rambu-rambu lalu lintas dan juga lampu penanda supaya masyarakat lebih berhati-hati jika melewati kawasan tersebut mengingat saat ini jalan longsor masih dalam tahap perbaikan.

"Selain itu, untuk arus lalu dinasnya sendiri, kendaraan besar tidak diperbolehkan melintasi kawasan tersebut supaya beban jalan tidak bertambah selama proses perbaikan dilakukan," katanya.

Ia mengatakan, kendaraan yang diperbolehkan melintasi kawasan itu hanya kendaraan pribadi dan ringan. Itupun, harus dilakukan secara bergantian supaya titik longsoran tetap menjadi aman dan tidak terganggu aktivitas jalan," katanya.

Sebelumnya pada Jumat (3/2) terjadi banjir yang melanda di sejumlah kawasan di Pacet, Mojokerto. Akibat banjir tersebut, satu orang warga Desa Sajen, bernama Markiyah meninggal dunia akibat terseret arus banjir.

KOMENTAR SERUU