Air Terjun Benang Kelambu

Seruu.com - Gunung Rinjani, kita mengenalnya sebagai gunung yang memiliki keindahan landscape yang tiada duanya. Tetapi tahukah Anda? Selain gunung Rinjani memadukan kemegahan luar biasa dari sisi bentang alam juga menyimpan air terjun - air terjun indah di kawasan hutannya yang justru jarang diketahui oleh pendaki Rinjani.

Biasanya pendaki gunung yang melakukan hiking ke gunung Rinjani tidak terlalu tertarik untuk melakukan penjelajahan ke air terjun. Selain fisik yang sudah ngedrop karena medan Rinjani memang tergolong berat, juga akses menuju beberapa lokasi air terjun tidak ada angkutan umum. Sehingga harus siap - siap merogoh kocek untuk menggunakan jasa ojek sepeda motor. Beruntung jika Anda memiliki kenalan teman yang mau mengantarkan dengan menggunakan sepeda motornya.

Keuntungan ganda jika Anda melakukan hiking lewat jalur Torean, karena di jalur ini Anda akan dapati suguhan 4 air terjun sekaligus dari 12 Air terjun di sekitar Gunung Rinjani. Yaitu Air terjun Penimbungan, Aik Genit, Pancor Mas, dan Air terjun Panas - dingin Goa Susu. Namun sayangnya jalur ini kurang di minati oleh pendaki gunung. Mereka biasanya mengambil jalur dari Sembalun maupun Senaru.

Dan berikut ini 12 Air Terjun di sekitar gunung Rinjani

1. Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Lombok Utara

Konon, air terjun ini tidak sengaja ditemukan oleh warga yang sedang memburu singa gila yang mengacau sebuah kampung dan kemudian masuk ke dalam hutan. Air terjun ini memiliki ketinggian 32 meter. Untuk mencapai lokasi dari pintu masuk membutuhkan waktu hanya 11 menit melalui jalur tangga.

2. Air Terjun Tiu Kelep, Senaru, Lombok Utara

Tidak jauh dari Sendang Gile, juga terdapat air terjun Tiu Kelep. Keduanya satu lokasi dengan pintu masuknya di depan rumah makan Galang Ijo. Pengunjung harus melewati jalan berupa terowongan air untuk sampai menuju air terjun ini. Perjalanan melewati terowongan air ini memberikan sensasi yang luar biasa tatkala kita harus berjalan pelan dalam keremangan cahaya senter.

Alternative jalur lainnya bisa melewati jalan setapak yang lebih mudah. Hati - hati saat menuju Tiu Klelep, karena batuan di sungainya licin.

3. Air Terjun Penimbungan, Torean, Lombok Utara

Jika Anda mendaki gunung Rinjani melalui pintu masuk Torean akan menjumpai air terjun ini di tengah perjalanan. Letaknya dari pintu masuk sekitar 2 jam. Jika biasanya Anda melewati rute Sembalun dan Senaru. Maka tidak salah jika suatu saat melewati rute Torean ini untuk mendapatan view cantik lainnya dari gunung Rinjani.

Jalur Torean merupakan jalur yang kurang populer di banding 2 jalur lainnya untuk menuju gunung Rinjani. Jalur Torean ini biasa di lewati oleh para peziarah yang melakukan ritual kepercayaannya di Segara Anak maupun di sumber air panas di dekatnya Segara Anak.

4. Air Terjun Aik Genit, Torean, Lombok Utara

Satu jam perjalanan dari air terjun Penimbungan, maka lagi - lagi Anda akan di suguhkan pemandangan air terjun Aik Genit.

5. Air Terjun Pancor Mas, Torean, Lombok Utara

Letaknya yang jauh dari jalur setapak hiking, membuat air terjun Pancor Mas jarang di kunjungi, meskipun oleh penduduk lokal. Untuk menemukan air terjun ini tidaklah sulit, karena setengah jam perjalanan dari air terjun Aik Genit, akan terlihat air terjun ini dari kejauhan. Pengunjung dapat membandingkan ketinggian air terjun Pancor Mas yang lebih tinggi ketimbang air terjun Aik Genit.

6. Air Terjun Panas Dingin Goa Susu

Masih di jalur Torean, tidak jauh dari Goa Susu, Anda akan menjumpai air terjun yang mengalirkan air panas. Jangan lewatkan momen di air terjun ini untuk mandi di bawahnya karena mandi di air hangat sepertinya mampu memulihkan kelelahan fisik kita.

7. Air Terjun Mayung Putih, barat Sajang, Lombok Timur

Air terjun Mayung Putik terletak di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun-Kabupaten Lombok Timur. Jika diukur dari Kota Mataram jarak yang dilewati kurang lebih 173 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.

Terdapat 2 alternatif rute jalan yang bisa dilalui melalui Kota Mataram. Rute pertama dengan melewati kawasan Kabupaten Lombok Timur yaitu Mataram - Narmada -Mantang - Kopang - Terara - Sikur - Aikmel - Suwela - Sapit - Lemor - Sembalun Bumbung - Sembalun Lawang - Bira.

Sedang rute kedua melewati jalur Kabupaten Lombok Utara yaitu Mataram - Pusuk atau sepanjang jalan Pantai Senggigi - Pemenang - Tanjung - Gondang - Selengan - Batu Gembung - Desa Senaru - Dasan Grisak - Desa Sambek Elen - Bira.

8. Air Terjun Kaliage, Sajang, Lombok Timur


Tidak mudah untuk mencapai air terjun yang berada di kawasan Sembalun ini. Di sarankan memakai jasa guide dari pihak Kantor Informasi Rinjani guna menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan, yaitu tersesat.

Untuk mencapai air terjun ini memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Kaliage kita akan di suguhkan padang sabana yang mendominasi.

9. Air Terjun Jeruk Manis, Kembang Kuning, Lombok Timur

Mungkin dari banyak air terjun yang berada di kawasan gunung Rinjani, air terjun Jeruk Manis yang sudah di kelola dengan baik. Di sekitar air terjun ini sudah terdapat homestay, cottage, restoran, dan untuk akses menuju ke sini sangat halus jalan aspalnya. Tidak heran banyak wisatawan yang mengunjungi Pulau Lombok, menyempatkan 1 atau 2 malam menikmati panorama di sekitar air terjun dan desa.

10. Air Terjun Ulem - ulem, Tetebatu, Lombok Timur

Air terjun Ulem - ulem terletak di desa Tete Batu. Ketinggiannya hanya sekitar 5 meter, namun memiliki kolam yang cukup dalam sehingga dapat dijadikan sebagai tempat pemandian. Tempat ini dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Tete Batu, namun bagi wisatawan yang datang dari Lendang Nangka disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor.

11. Air Terjun Benang Stokel, Aik Berik, Lombok Tengah

Benang Stokel memiliki air terjun kembar yang sama - sama menarik untuk berenang di bawahnya. Dari keduanya sisi kiri lebih tinggi dan lebih deras airnya.

Untuk mencapainya kita membutuhkan waktu 30 menit dari pintu masuk. Selain wisatawan lokal, tidak banyak wisatawan mengunjungi air terjun ini. Alasannya karena tidak adanya angkutan umum yang membawa ke lokasi air terjun Benang Stokel ini.

12. Air Terjun Benang Kelambu, Aik Berik, Lombok Tengah

Jika Anda berhasrat melakukan perjalanan ke air terjun Benang Kelambu, maka di srankan mersiapkan fisik Anda dengan baik. Karena medan yang Anda lalui sangatlah curam, seperti jalur hiking pada umumnya. Untuk menuju air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam melewati kerimbunan hutan.

Segala perjuangan yang melelahkan akan terbayar sudah manakala pengunjung mencapai lokasi. Karena suguhan air terjun setinggi 40 m ini membuat kita terpaksa berdecak kagum. Bagaimana tidak, bentuknya sangat unik, dan jarang air terjun dengan bentuk seperti air terjun Benang Kelambu ini. [BI]

KOMENTAR SERUU