Simpang Ampek, Seruu.Com - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengalokasikan anggaran Rp4 miliar untuk membangun "rumah gadang" (rumah adat Minangkabau) di 10 kecamatan pada tahun 2012.

"Pembangunan rumah gadang itu di masing-masing nagari. Dari anggaran Rp4 miliar, masing-masing nagari akan memperoleh alokasi Rp200 juta," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pasaman Barat Reflin di Simpang Ampek, Sabtu (11/2).

Dia menambahkan, anggaran Rp4 miliar itu merupakan tahap awal karena Pasaman Barat memiliki 11 kecamatan dengan 19 nagari.

Pembangunan rumah gadang merupakan suatu langkah pemerintah dalam melestarikan simbol orang Minangkabau. Rumah gadang nantinya bisa digunakan untuk tempat berkumpul dan bermusyawarah antara mamak dan kemenakan (paman dan keponakan) yang ada di nagari tersebut.

Sebagai daerah yang berfalsafahkan Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah, imbuhnya, keberadaan rumah gadang sangat besar artinya bagi suatu nagari.

Pembangunan rumah gadang ini, kata dia, merupakan tindak lanjut dari keinginan Pemkab Pasaman Barat untuk melestarikan simbol kebesaran orang Minangkabau. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU