Sumbawa, Seruu.Com - Mungkin banyak wisatawan yang asing dengan nama Pulau Moyo, sebuah pulau mungil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Luasnya 330 km persegi, dengan ketinggian maksimum 671 m dan garis pantai 88 km. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Moyo adalah pulau yang sepi dan kecil namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa.Pulau kecil ini berhasil memikat beberapa orang “besar” sekaliber Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur.

Pulau Moyo, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut.

“Saya teringat pada saat Putri Inggris Lady Diana mengunjungi Pulau Moyo. Begitu juga musisi rock dunia Mick Jagger juga berlibur di pulai ini. Namun, sayang masyarakat Indonesia yang belum mengetahui keindahan Pulau Moyo,” ujar Jacob, salah satu pemandu di Pulau Moyo.

Untuk mencapai Pulau Moyo sangatlah mudah. Perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 kilometer Utara Sumbawa Besar.

Ai Bari yang dalam bahasa Samawa berarti air asin, merupakan kampung nelayan yang miskin fasilitas, namun dari orang Sumbawa, Bajo dan Bugis yang menghuni daerah ini, sangat ramah.

Perjalanan dari Ai Bari ke Pulau Moyo dapat ditempuh selama lebih kurang 15 menit dengan speedboat, atau menggunakan kapal ketinting. Salah seorang nelayan yang selalu menyediakan transportasi ini adalah Pak Lahi yang sudah terbiasa menerima tamu asing, bahkan sering ditulis dalam berbagai buku panduan wisata!

Pulau Moyo memiliki variasi ketinggian dari 0-648 m di atas permukaan laut. Sebagai penanda masih lestarinya pulau seluas kurang lebih 30.000 hektar ini, ratusan kupu-kupu akan terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana.

Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular. Dengan kondisi alam yang masih sangat alami, tidak disarankan memasuki pulau ini tanpa pemandu. Karena ada kemungkinan bisa tersesat.

”Namun anehnya, setiap kali ada yang tersesat, pasti tetap menemukan jalan ke luar sendiri. Entah ”digiring” oleh burung atau kupu-kupu,” tambah Jacob.

Pulau Moyo juga merupakan “surga” bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa anda temukan di sini. Diantaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong. Burung yang terakhir, memang unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Bila ingin snorkeling atau menyelam, kawasan sekitar pulau menawarkan berbagai keindahan bawah laut yang juga tak kalah menarik. Taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah, bisa ditemukan pula sponge (spon) dan crustacea.

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU