Belut listrik Purbasari Pancuranmas

Purbalingga, Seruu.com – Jenuh dengan suasana keramaian kota? Cobalah   berwisata di kaki Gunung Slamet, tepatnya di taman wisata pendidikan Purbasari Pancuranmas. Obyek wisata andalan Kabupaten Purbalingga (Jateng) yang berada di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara ini, belakangan selalu dibanjiri pengunjung. Tidak hanya wisatawan dari sekitar Purbalingga maupun berbagai kota di wilayah Jateng, namun juga dari penjuru nusantara.

Ada yang menarik dari obyek wisata ini. Yakni aneka koleksi ikan langka.Dan baru dua bulan ini, pengelola Purbasari Pancuranmas menambah koleksi sidat listrik atau belut listrik, yang didatangkan dari Sungai Amazone di Brasilia. "Untuk menambah daya tarik pengunjung, saya datangkan belut listrik ini. Saya memang selalu menambah koleksi, agar koleksi yang ada semakin lengkap," ujar Direktur Taman Wisata Pendidikan  Aquarium Purbasari Pancuranmas , Junjung SE,  Selasa   (24/1/2012) lalu.

Apa keistimewaan belut lisrik?

Junjung menjelaskan, belut listrik atau ada yang menyebut sidat listrik memiliki nama latin Electrophorus electricus. Jenis ikan ini  merupakan penghuni sungai Amazon di Brasilia yang memiliki kekuatan listrik mencapai 650 volt. Kekuatan listrik itu digunakan untuk berburu mangsa dan membela diri.

”Kejutan listrik yang dihasilkan oleh ikan ini cukup untuk membunuh seekor kuda dari jarak 2 meter. Cara kerja penghasil listrik pada ikan ini dapat digunakan sangat cepat mencapai dua hingga tiga perseribu detik. Ketika gelisah, ia mampu menghasilkan guncangan listrik selama setidaknya satu jam tanpa tanda-tanda melelahkan.Ia bisa tumbuh hingga panjang 2,5 m dan berat 20 kg, walaupun biasanya ukuran rata-ratanya adalah 1 meter.Itulah keistimewaan belut listrik," ujar Junjung.

Spesies ini, lanjut Junjung, telah direklasifikasi beberapa kali. Awalnya ia dimasukkan dalam marga Electrophoridae tersendiri, namun kemudian ditempatkan dalam genus Gymnotidae bersama Gymnotus. Meskipun namanya adalah belut listrik, namun ia tidak terkait erat dengan belut sejati (Anguilliformes) tetapi adalah anggota dari knifefishes Neotropical (Gymnotiformes), lebih erat terkait dengan ikan lele.

”Spesies ini telah menarik perhatian beberapa peneliti, yang berusaha memanfaatkan enzim acetylcholinesterase dan ATP yang terkandung dalam Sidat Listrik," ujar Junjung.

Keberadaan belut listrik yang unik itu, semakin menambah aneka koleksi Taman Wisata Pendidikan  Aquarium Purbasari Pancuranmas.

Perlu diketahui, di obyek wisata ini terdapat  aquarium raksasa yang terbagi dalam dua bagian. Yakni aquarium eksotik dan aquarium nusantara. Untuk aquarium  eksotik  menampung ikan-ikan langka seperti arapaima gigas dari Sungai Amazone dan ikan Piranha, dan belakangan ditambah lagi belut listrik.

”Untuk menarik pengunjung,  kami selalu menampilkan pula atraksi-atraksi menarik dari ikan Piranha. Dan bagi pengunjung yang ingin melihat betapa dahsyatnya belut listrik ketika memangsa ikan, juga bisa," ujarnya.

Sedangkan di aquarium nusantara, menampung semua jenis-jenis ikan yang hidup di Indonesia."Dengan melihat aquarium-aquarium  itu, anak-anak bisa belajar mengenal keanekaragama ikan yang ada di dunia ini," ujar Junjung.

Yang menarik lainnya, di bagian lain obyek wisata ini, ada taman burung. Di sini  dipelihara pula ratusan jenis burung, termasuk diantaranya burung langka, seperti burung Rangkong, kakaktua raja, kakaktua jambul kuning, dan burung-burung paruh bengkok lainnya. Di taman burung ini, pengunjung bisa berfoto-foto dengan burung  yang sudah jinak, tanpa dikenai biaya.

Saat ini, untuk lebih memanjakan pengunjung,  Purbasari Pancuranmas yang memiliki areal 8 hektar melengkapi dengan berbagai fasilitas menarik. Seperti area parkir yang luas yang dapat menampung 300 mobil dan 400 sepeda motor,  area hot spot, kios souvenir, Purbasari Resto,  dan hall serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk resepsi pernikahan, seminar, workshop, perpisahan maupun acara pertemuan keluarga. Dan juga sedang dibangun penginapan

Anda penasaran ingin ke Purbasari Pancuranmas? Silahkan berkunjung ke sana, atau bisa kontak terlebih dulu  untuk rombongan ke kantor  Purbasari Pancuranmas, telpon (0281)  59866,085227812312. [py]

KOMENTAR SERUU