Tari Saman (Istimewa)
"Tari saman merupakan jenis tarian yang sangat populer, dan kami lihat banyak memiliki kesamaan dengan gaya dan ciri khas bangsa Korea yang dinamis,"

Banda Aceh Seruu.com - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Young Sun mengatakan tari saman mewakili spirit bangsa Korea.

 

"Tari saman merupakan jenis tarian yang sangat populer, dan kami lihat banyak memiliki kesamaan dengan gaya dan ciri khas bangsa Korea yang dinamis," kata Kim Young Sun, di Banda Aceh, Kamis.

Hal itu disampaikannya pada sela-sela pertemuan dengan Pemerintah Aceh yang diwakili Sekda T Setia Budi di ruang kerja gubernur.

Ia mengatakan, Aceh memiliki kekayaan alam dan khazanah budaya yang sangat bagus, sehingga Pemerintah Korea sangat tertarik untuk menjajaki berbagai kemungkinan kerja sama dengan Pemerintah Aceh.

"Kami berharap dengan terjalinnya hubungan yang berdasarkan pemahaman antara kedua budaya, yang bermuara pada persahabatan dan kerja sama lebih lanjut di berbagai bidang," kata Kim Young Sun yang baru pertama ke Aceh.

Kunjungan Dubes Korsel ke provinsi paling ujung barat Indonesia itu guna menghadiri pembukaan pusat kebudayaan Korea (Korea Cultural Center) di Universitas Syiah Kuala, meninjau komunitas masyarakat Korea Selatan di Aceh, dan meninjau keadaan Aceh pascatsunami.

Sementara itu, Sekda Aceh T Setia budi mengharapkan Korea dapat mengimplementasikan berbagai investasi yang ingin dilakukan di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu.

"Kami berahap Korea dapat sunguh-sungguh mengimplementasikan kerja sama diberbagai sektor yang masih memiliki peluang cukup besar di Aceh," katanya.

Pihaknya meminta kepada seluruh jajaran Pemerintah Aceh untuk menindaklanjuti komunikasi yang telah terjalin dengan pihak Korea Selatan.

"Dengan adanya tindak lanjut dari komunikasi yang telah terbina tersebut memungkinkan pihak Korea untuk menginvestasikan berbagai sektor dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masa mendatang," demikian T Setia Budi.[ant/ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU