batuan jaman Purba yang diyakini merupakan bagian dari Candi Borobudur
Batu ini terkubur kurang lebih dua meter di bawah akar pohon bambu, kata Ari Purnomo

Magelang, Seruu.com – Puluhan bebatuan jaman purba yang memiliki nilai sejarah tinggi ditemukan warga Tanjungsari, Borobudur, Magelang (Jateng). Bebatuan itu merupakan jenis batu andesit yang sama digunakan untuk bagian candi Borobudur. Temuan serupa pernah terjadi pada 2010, berupa dua buah patung kepala Budha.

 

Puluhan bebatuan itu tersebar di dua dusun. Pertama di bawah rumpunan pohon bambu Dusun Mendalan. Di sana ditemukan sebuah balok berukuran 34 x 28 x 22 cm dengan relief orang bertapa. Benda itu ditemukan warga secara tidak sengaja saat bekerja bakti membuat jalan desa.

”Batu ini terkubur kurang lebih dua meter di bawah akar pohon bambu,” kata Ari Purnomo, pemilik lahan, Rabu (25/1/2012).

Winarto, warga dusun itu juga melaporkan penemuan batu purba yang diduga sebagai dasaran dasaran stupa. Padahal, penemuan itu sudah terjadi 1988 silam. Temuan paling banyak ada di bekas rumah milik Mardani (65O, warga Dusun Nampan. Di bawah pondasi rumah yang hendak dipugar itu terdapat puluhan batu jenis andesit sejenis dengan bebatuan Candi Borobudur.

Dari hitungan sementara petugas Balai Konservasi Peninggalan Borobudur (BKPB), ada 18 buah batu. Batu itu berukuran hampir sama, sekitar 34 x 28 cm. Kemungkinan jumlah itu bisa bertambah karena diduga masih ada beberapa yang terkubur di dalam tanah.

Dari temuan batu tersebut, ada satu batu balok yang memiliki relief berupa ukiran bunga. Selebihnya batu-batu berbentuk kotak polos. Kemungkinan besar batu itu adalah bagian dari lantai dasar candi yang hilang.

Koordinator kelompok kerja dokumentasi dan publikasi BKPB, Yudi Suhartono, mengakui adanya temuan puluhan batu purba dimaksud. Benda-benda itu telah diamankan di BKPB. Namun, pihaknya belum bisa memastikan benda tersebut merupakan bagian dari Candi Borobudur.

“Kami akan melakukan anastelosis (pencocokan) batu-batu tersebut. Secara sepintas memang ada kemiripan batu-batu tersebut dengan struktur batu Candi Borobudur baik dari jenis, usia maupun ukiran batunya,” kata Yudi. [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (2 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU