Dra. Shavitri Nurmala Dewi, MA

Sleman, Seruu.com -  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dalam waktu dekat ini bakal menggelar seleksi Dimas Diajeng Kabupaten Sleman 2012. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Februari hingga 6 Maret 2012. Demikian dinyatakan Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Dra. Shavitri Nurmala Dewi, MA selaku ketua panitia penyelenggara, Kamis 19 Januari 2012 di kantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman.

Shavitri atau yang akrab dipanggil Evie, menambahkan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya pemilihan Dimas Diajeng adalah dalam rangka mencari potensi generasi muda yang mampu mengemban visi sebagai duta pariwisata dan kebudayaan bagi Kabupaten Sleman.

Dimas Diajeng Sleman diharapkan bisa menjadi salah satu icon sumberdaya manusia yang mumpuni, sehat, cerdas, kreatif, enerjik, berwawasan luas, berpikiran maju, positif, bangga dengan produk lokal, berpihak pada lingkungan, mau dan mampu mengedepankan jati diri budaya lokal serta mampu menjalin hubungan dengan mitra kerja demi kepentingan dan kemajuan Kabupaten Sleman, khusunya di bidang pariwisata.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi para calon adalah  WNI usia 17 – 24 tahun, Berbadan dan berjiwa sehat, belum menikah, pendidikan minimal SMA atau sederajat, tinggi dan berat badan bagi Diajeng minimal 160 cm dan Dimas minimal 165 cm. Disamping itu juga mampu berbahasa Inggris aktif, berkepribadian menarik, berprestasi, dinamis, kreatif dan komunikatif serta berwawasan dan berpengetahuan memadai tentang kepariwisataa Sleman, termasuk sektor- sektor pendukung pariwisata, dan belum pernah menyandang gelar duta wisata di daerah lain, belum pernah terlibat dalam bentuk kriminal apapun dan tidak dalam pengaruh obat-obatan terlarang. Nantinya peserta wajib mengikuti rangkaian pembekalan, penjurian dan karantina apabila terpilih sebagai finalis.

Sedangkan kelengkapan administrasi pada saat pendafataran meliputi Fotokopi KTP/KIPEM Sleman 1 lembar, pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar, foto berwarna terbaru ukuran 4R (close up dan seluruh badan dengan back ground warna putih masing-masing 1 lembar), fotokopi Ijasah SMA/sederajat, mengisi formulir pendaftaran yang bisa didownload di website www.tourismsleman.com dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 30.000,- dengan fasilitas goody bag, pin, booklet kepariwisataan Sleman.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Drs. Untoro Budiharjo mengungkapkan bahwa Dimas Diajeng memiliki peran yang cukup signifikan dalam membantu pemerintah daerah khususnya dalam mempromosikan sektor pariwisata. Diharapkan Dimas Diajeng dapat mengemban sebagai duta wisata yang benar-benar dinamis, penuh semangat dan dedikasi terhadap kemajuan Kabupaten Sleman khususnya di sektor pariwisata dan budaya.

Disamping itu hendaknya pula mereka menjadi panutan bagi generasi muda pada umumnya dalam menapaki masa depannya melalui pola pikir, pola sikap dan pola perilaku yang positif. Pada gilirannya mereka akan dapat menyumbangkan kontribusi yang sangat berharga bagi pembangunan bangsa dan negara. [was]

 

KOMENTAR SERUU