Sukabumi, Seruu.com - Kehadiran penyu di pantai merupakan salah satu daya tarik di kawasan wisata Pantai Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Penyu sering hadir dan pengunjung rata-rata senang bisa menyaksikan kemunculan satwa itu secara langsung dari laut," kata Rohman (34) salah seorang warga di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (14/1/2012).

Kehadiran penyu menjadi salah satu "penawar" lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh atau sekitar lima hingga enam jam dari Kota Sukabumi, serta menaklukkan jalan bergelombang di sekitar pantai yang menghadap ke laut selatan itu.

Saat gelombang besar, penyu-penyu dari tengah laut terdampar di pantai, kemudian kembali ke laut. Sebagian ditangkap dan ditangkarkan di unit penangkaran penyu di desa itu.

"Kalau gelombang besar, biasanya banyak penyu yang terseret arus ke pantai, terutama malam hari," katanya.

Bagi wisatawan yang beruntung, bisa bercengkerama dengan penyu yang baru terdampar meski harus berkejar-kejaran karena masih liar.

Selain menyaksikan penyu yang terdampar, pengunjung juga bisa melihat langsung penangkaran penyu di Desa Pangumbahan. Di sana bisa menyaksikan penyu berbagai ukuran dari dewasa hingga yang masih kecil atau disebut tukik. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU