Durian Somongari
Selain sangat murah, durian Somongari lezat. Pahit-pahit manis. Apalagi dagingnya buahnya cukup tebal. Rugi kalau sudah sampai Somongari tidak mencicipi durian lokal Somongari

Purworejo, Seruu.com – Durian Somongari dari Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Purworejo (Jateng), terkenal rasa pahit-manisnya. Di Desa Somongari ratusan pohon durian tumbuh subur dari usia belasan tahun hingga puluhan tahun. Sebagian besar penduduk memiliki pohon durian.

Bulan Januari tahun ini merupakan puncak panen durian. Durian terkecil dijual Rp 5.000 dan terbesar hanya Rp 30 ribu. Namun bila Anda membeli di Purworejo kota, biasanya harganya sudah naik dua kali lipat. Bila Anda membeli durian langsung saat dibuka ternyata busuk, penjual biasanya akan mengganti yang lebih baru.

Di depan rumah penduduk, biasanya dijajakan durian. Namun akan lebih mengasyikkan bila berburu langsung di kebun warga. Saat panen, warga biasanya membawa bronjong bambu kecil untuk tempat durian. Durian jatuh yang dipungut pemiliknya biasanya lebih segar karena matang secara alami.

Kusnadi warga Sijanur RT 04 RW 04 Desa Somongari menuturkan, durian lokal Somongari warnanya kuning langsat, rasanya pahit manis, dan daging buahnya cukup tebal. Selain ia memanen durian miliknya, ia juga menebas durian milik tetangganya.

Sekali tebas, ia mengkau mengeluarkan kocek Rp 3 juta - 5 juta untuk 20 pohon durian. Dari 20 pohon durian itu, ia akan mendapatkan sekitar 300 buah durian dari berbagai ukuran. Buah durian itu dijual kepada pengepul yang mangkal di depan balai Desa Somongari untuk dibawa ke Purworejo kota atau dijual ke luar kota Purworejo.

"Banyak warga dari luar kota seperti Jakarta pas liburan mampir ke Somongari, atau terkadang warga Yogyakarta sering berburu durian ke sini. Biasanya mereka memborong durian cukup banyak," ujarnya.

Sementara itu menurut Larjo Setiyono (35) warga Pekutan Bayan saat menyaksikan upacara Jolenan menyempatkan menikmati durian Somongari. Larjo mengaku durian Somongari terkenal karena lezatnya dan karena murah.

"Selain sangat murah, durian Somongari lezat. Pahit-pahit manis. Apalagi dagingnya buahnya cukup tebal. Rugi kalau sudah sampai Somongari tidak mencicipi durian lokal Somongari," ujar Larjo. [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (1 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU