Boediono (Daylife)

Seruu.com - Wakil Presiden Boediono membuka secara resmi perhelatan tahunan ke-31 pengembangan pariwisata ASEAN Tourism Forum (ATF) di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (11/1/2012).

 

"Dengan mengucapkan bismillah, saya resmi membuka Asean Tourism Forum," kata Wakil Presiden Boediono.

Wapres membuka secara resmi ATF ke-31 dengan melakukan pemukulan tetengkoren, alat tradisional Manado.

Wapres yang berpidato dalam bahasa inggris mengatakan, forum ini pentinmg untuk semakin meningkatkan hubungan antarnegara ASEAN sekaligus mendorong perkembangan turisme di kawasan. Turisme menurut Wapres menjadi salah satu kontributor penting bagi perekonomian dan porsinya terus membesar.

Sementara itu, Wapres didampingi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu membuka acara tersebut setelah terbang sekitar tiga jam dari Bandara Halim Perdana Kusumah di Jakarta ke Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Wapres terbang dari Pelabuhan Udara Halim pukul 13.30 WIB (14.30 WITA) dengan menggunakan pesawat khusus Boeing 737 TNI AU dan tiba di Bandara Sam Ratulangi sekitar pukul 17.45 WITA. Wapres dijadwalkan langsung kembali ke Jakarta seusai pembukaan dan tiba di Pelabuhan Halim sekitar pukul 23.00 WIB.

ASEAN Tourism Forum merupakan acara tahunan yang digelar oleh 10 negara yang tergabung di ASEAN untuk saling memperkenalkan tujuan wisata dan mengembangkan pariwisata di masing-masing negara ASEAN.

Pada 2012, ASEAN Tourism Forum digelar di Manado, Indonesia mulai tanggal 8 hingga 15 Januari. ASEAN Tourism Forum kali ini merupakan yang ke 31 sejak dibuka di Malaysia pada 1981.

Acara ini dihadiri lebih dari 900 eksibitor dari berbagai negara-negara seperti Indonesia, Brunei, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, Myanmar, Laos, Thailand dan Kamboja yang didatangi oleh sekitar 300 lebih pembeli. [ant]

KOMENTAR SERUU