Seruu.com - Menelusuri gua terpanjang di Indonesia bisa menjadi rekreasi alternatif bagi pecinta tantangan. Gua itu adalah Salukangkallang yang panjangnya mencapai 27 Kilometer.

Gua yang terletak di Kawasan Desa Wisata Samangki, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan itu kini menjadi tempat pendidikan dan pelatihan penelusuran gua (caving).

Kabupaten Maros terkenal dengan keindahan gunung kars dan barisan tebing sehingga dijuluki The Spectacular Tower Karst.

Pintu masuk gua berada di Desa Labuaja yang merupakan desa tetangga Samangki. Untuk memasuki mulut gua, Anda harus menuruni tebing berketinggian sekitar 5 Meter dengan menggunakan perlengkapan caving.

Saat menjelajahi gua, Anda akan mendapati tantangan yang lebih besar. Berhati-hatilah dengan kepala Anda karena saat berada di dalam gua tak jarang banyak yang terbentur. Namun, perjuangan Anda akan terbayar dengan keindahan bawah tanah gua yang dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit di sepanjang gua.

Bebatuan kapur yang menghiasi dinding gua akan nampak bercahaya, bening dan mengkilap layaknya berlian jika disinari cahaya senter. Dibalik kesunyiannya ternyata gua memiliki keindahan yang mengagumkan.

Di dalam gua juga terdapat sungai yang pada bagian pinggirnya dijadikan sebagai tempat istirahat pengunjung. [ndis]

KOMENTAR SERUU